Monday, June 2, 2014

Long Road #12 : UMB-PT

UMB-PT (Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi). UMB-PT ini kalau aku bilang mini SBMPTN. Kenapa? Soalnya beda sama ujian mandiri lain, UMB-PT bukan hanya diadakan oleh satu universitas. Ada 13 PTN yang ikut, dan 6 PTS. Ini dia 19 Perguruan Tinggi yang "ikut" UMB-PT.


Daftar PTN :

  1. Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) Banda Aceh
  2. Universitas Malikussaleh (UNIMAL) Lhokseumawe
  3. Universitas negeri Medan (UNIMED) Medan
  4. Universitas Sumatera Utara (USU) Medan
  5. Universitas Jambi (UNJA) Jambi
  6. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Jakarta
  7. Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto
  8. Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang
  9. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
  10. Universitas Palangka Raya
  11. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Banten
  12. Universitas Boeneo Tarakan (UBT)
  13. Universitas terbuka (UT)

Daftar PTS : 

  1. Universitas Islam Sumatera Utara (UISU)
  2. Universitas Pancasila (UP)
  3. Universitas Bakrie (UB)
  4. Institus Teknologi Indonesia (ITI)
  5. Universitas Gunadarma (UG)
  6. Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS)

Itu dia 19 Perguruan Tinggi yang bisa dipilih ketika mengikuti UMB-PT. Setelah nulis ini, aku bingung apalagi yang mau di-share. Setelah buka-buka data cari kuliah, eh softcopy data UMB-PT masih ada, yauda aku share. Monggo dilihat, ini bukti pra registrasi tahun 2013.



Nah, setelah bayar sejumlah itu di ATM atau Teller, baru bisa dapet kartu peserta. Oh iya, biayanya belum tentu segitu. Ada beberapa pilihan biaya sesuai dengan fasilitas yang didapat (kayak hotel aja wkwk). Itu aku segitu soalnya ambil 5 pilihan jurusan. Ada yang 3, 5, sama 7 jurusan. Biaya masing-masing beda. Kenapa aku ambil 5? Simply because 5 yang di tengah. Coba pilihannya 3, 4, 5. Pasti milihnya 4 hahaha.



Nah, waktu hari H itu, aku berangkat sendiri dari Gresik naik motor. Iyalah, secara Surabaya sebelahan sama Gresik. Berangkat dari rumah jam 6. Perjalanan 1 jam, sampe di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) sekitar jam 7. Masih ada 1 jam, lumayan buat melepas lelah perjalanan sambil cuci mata hahahahahahahaha.


Tesnya ya gitu-gitu aja sih. 90 menit buat ngerjain Tes Nalar Sains. 120 menit untuk tes Nalar matematika dan Bahasa. Soalnya nggak jauh beda dari yang lain. Jujur nggak ada yang spesial sih waktu tes ini. Berangkat, ngerjain, pulang -.-


Setelah nunggu, akhirnya pengumuman itu datang juga. Ternyata aku keterima. Bukan pilihan satu atau pilihan dua, tapi pilihan lima (Teknik informatika Unsoed) hahaha. Tetep bersyukur sih. lagian juga informatika sebenernya inceran utama. Jadi sampai momen ini, aku diterima di 2 PTN. Antara UB dan Unsoed....

1 comment:

  1. Makasih gan buat informasinya, saya merasa terbantu dengan postingan agan tentang daftar PTN :)

    ReplyDelete