Sunday, March 24, 2013

Malaysia Grand Prix Review (Mercedes GP)


Secara keseluruhan, GP Malaysia 2013 berlangsung jauh lebih mulus daripada balapan pertama di Melbourne, Australia. Pada balapn pertama, hanya Lewis Hamilton yang mampu finis, meskipun di urutan ke-5. sedangkan Nico Rosberg harus keluar dari balapan pada lap ke-26 karena masalah pada kelistrikan mobilnya. Nah, pada balapan kali ini Mercedes GP tampil jauh lebih baik dengan finish di urutan 3-4.


Mercedes terlihat cukup kuat sejak kualifikasi. Kedua mobil mereka mampu masuk ke 6 besar. Tidak ada yang sangat istimewa dari start kedua pembalap Mercedes. Mereka mempertahankan posisi mereka masing-masing. Setelah urutan yang "diacak" pada awal lomba, Mercedes mantap pada posisi 3-4. 


Sebenarnya, di pertengahan lomba mereka sempat mencuri posisi 2 dari Vettel melalui Hamilton. Namun sayang, Hamilton yang (sepertinya) kekurangan bahan bakar harus sedikit mengurangi kecepatannya agar tidak kehabisan bahan bakar di tengah lomba. Hal ini dimanfaatkan baik oleh Vettel untuk mengambil kembali P2.


Di akhir balapan, Rosberg yang tidak memiliki masalah dengan mobilnya mampu menyusul Hamilton. Melalui radio, ia meminta izin kepada tim untuk menyalip Hamilton. "I am much faster than him (Hamilton, red). I can pass him" (kurang lebih) begitu yang diucapkan Rosberg. Namun ternyata tim tidak menghendaki Rosberg untuk mendahului Hamilton.


Disini terlihat bahwa Mercedes memberlakukan team order dengan Hamilton sebagai pembalap utama mereka. Berbeda dengan Vettel yang menolak menjadi "nomor 2", Rosberg tetap berada di belakang Hamilton hingga finish. Meskipun ketika wawancara dengan wartawan ia jelas terlihat kurang puas dengan keputusan tim. "Semoga kalian mengingat balapan pada hari ini" (kurang lebih) sindir Rosberg kepada tim Mercedes GP.



Oh iya, ada hal lucu yang dialami salah satu pembalap Mercedes, Lewis Hamilton (mantan pembalap Mclaren). Ketika masuk pit stop untuk mengganti ban, pit crew dari McLaren juga hendak bersiap untuk salah satu pembalap mereka. Mungkin masih teringat kenangan indah juara dunia tahun 2007 bersama McLaren, ia malah masuk ke pit dari Mercedes. Hal ini tentu memancing tawa dari komentator. Sampai-sampai, akun twitter resmi dari McLaren, @TheFifthDriver menulis "Feel free to pop in and say "hi" any time, @LewisHamilton!"

No comments:

Post a Comment