Sunday, March 24, 2013

Malaysia Grand Prix Review (Ferrari)


Secara keseluruhan, GP Malaysia 2013 bukanlah balapan yang diharapkan tim Ferrari beserta fans mereka di seluruh dunia (termasuk aku). Pada balapan kedua di tahun 2013 ini, tim yang identik dengan warna merah ini mengusung misi untuk mempertahankan hasil positif setelah finish di posisi kedua pada balapan pertama di Melbourne, Australia. Harapan itu muncul seusai kualifikasi. Kedua pembalap Ferrari, Fernando Alonso dan Felipe Massa memperoleh posisi start yang menjanjikan, P2 dan P3. Mereka hanya kalah oleh andalan RedBull, Sebastian Vettel.


Sayangnya, hasil gemilang di kualifikasi tidak terulang pada saat race. Massa sedikit terlambat saat start, sehingga posisinya melorot beberapa posisi. Alonso melakukan start yang lebih baik daripada Massa. Pada tikungan pertama, ia sudah berada di P2 tepat di belakang Vettel. Tapi sayang, di tikungan kedua sayap depan Alonso menyenggol bagian belakang mobil Vettel. Akibatnya, sayap depan Alonso mengalami kerusakan. Dalam situasi seperti ini, Alonso harus menahan serangan dari Webber yang ada dibelakangnya. Dan ternyata ia mampu melakukannya hingga lap pertama. 


Di akhir lap pertama, semua penonton termasuk komentator TV mengira bahwa Alonso akan masuk ke pit, mengganti sayap depan dengan yang baru, dan kehilangan beberapa posisi. Tapi ternyata perkiraan itu salah. Alonso memutuskan untuk tetap berada di lintasan dengan keadaan sayap depan yang rusak. Di trek lurus sebelah pit lane, Webber dan Alonso side by side. Posisi ini membuat sayap depan Alonso mendapatkan tekanan angin yang lebih banyak (dari laju mobil itu sendiri + "kiriman" dari mobil Webber). Hingga akhirnya sayap itu tak lagi mampu menahan terpaan angin, patah, dan tersangkut di bagian bawah mobil. Karena sayap tersebut menyangkut di bagian depan mobil, kedua ban depan Alonso tidak menyentuh sirkuit. Menyebabkan Alonso melaju lurus ke gravel trap. He's out ! Pada lap kedua GP Malaysia



Akibat insiden ini, Alonso kehilangan kesempatan untuk menambah poin dari GP Malaysia. Sementara itu, Ferrari masih menyisakan 1 pembalap di lintasan, Felipe Massa. Denagn keluarnya Alonso, praktis Massa menjadi tumpuan Ferrari untuk mendulang poin. Tetapi Massa tetaplah Massa, ia berbeda dengan Alonso. Tidak banyak aksi yang dilakukan oleh Massa. Setelah 56 putaran di Sepang International Circuit, ia menduduki posisi ke-5.


Meskipun hanya menyisakan 1 pembalap di posisi 5, Ferrari tidak terlalu kecewa. Seperti yang ditulis Ferrari di akun twitter resmi mereka, @InsideFerrari "Felipe Massa scores valueable points". Mereka juga menyebut gagal finishnya Alonso adalah ketidak beruntungan belaka (meskipun aku kurang setuju -_-) dan mereka siap membalas di GP China, 12-14 April 2013. "Race is over. Felipe in P5. Fernando unlucky. Not an ideal weekend, but we'll be back in China!" tweet lain di akun tersebut.

No comments:

Post a Comment