Sunday, August 18, 2013

Long Road : Kata Pengantar

"Pengalaman adalah guru yang paling baik"


Aku yakin setiap pembaca yang membaca tulisan ini pernah membaca kalimat diatas. Ya, kalimat diatas memang cukup populer di masyarakat Indonesia. Kali ini aku mau mencoba sharing pengalaman yang masih hangat, dan (mungkin) akan dilalui oleh seluruh pelajar SMA dan sederajat di Indonesia (tapi aku berharap perjalanan kalian tidak serumit apa yang aku lalui). Apa itu? Pengalaman berjuang merebut satu (ya, hanya SATU) kursi di PTN. Simpel bukan?


Untuk pembaca mahasiswa/i atau yang lebih senior, mungkin tulisan ini bisa mengingatkan kembali bagaimana perjuangan anda merebut satu kursi di PTN. Atau bahkan tulisan ini tidak berguna sama sekali bagi beberapa dari anda. Tapi yang pasti, aku hanya ingin membagi pengalaman yang aku lalui baru-baru ini. Semoga bisa membantu siswa/i SMA, terutama yang sudah kelas 12.


Gambar 1

Aku yakin, semua dari kita (termasuk aku) berharap menjalani kehidupan seperti jalan diatas. Lancar, lurus, dan disuguhi pemandangan hijau sepanjang jalan serta hambatan yang minimal. Tapi ingat, manusia hanya bisa berharap dan berusaha. Ada kalanya jalan yang kita temui seperti gambar di bawah.


Gambar 2

Sebuah jalan yang berliku, terjal, dan tanpa pemandangan indah yang menemani. Lalu bagaimana kita harus bersikap? Kalau menurut saya, setiap manusia memiliki hak untuk berharap yang terbaik (Gambar 1), namun tetap harus mempersiapkan diri untuk yang terburuk (Gambar 2).


Postingan ini belum termasuk sharing pengalaman, hanya sebagai pembuka dari rangkaian pengalaman-pengalaman mengejar PTN yang akan saya share di postingan-postingan berikutnya. Stay tuned :) wkwk

No comments:

Post a Comment